Harga Domba Texel Fullblood Terbaru dan Super Update Tahun Ini di Bekasi

Berapa harga daging domba Texel di pasaran tahun ini? Domba ini mendapatkan namanya dari tempat kelahirannya yaitu Pulau Texel yang terletak di Provinsi Noord Holland, Belanda. Daging domba texel dikenal sebagai daging unggul di seluruh dunia, karena dagingnya yang sangat ramping.
Genetika domba texel sendiri mempunyai otot yang sangat kuat, badan yang besar dan berat, serta mempunyai bulu yang berwarna putih keabu-abuan. Penyebaran domba ini hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang mempunyai banyak peternak.
Sekilas wolnya mirip dengan Merino. Wol adalah perbedaan utama antara domba Texel dan Merino. Texel memiliki wol tetapi hanya di badannya. Itu tidak menutupi wajah atau kaki.
Domba ini berbeda dengan Merino karena memiliki bulu yang tebal dan panjang menutupi seluruh anggota tubuhnya. Domba Merino memiliki bulu di wajah dan kakinya, menjadikan mereka produsen kain wol paling produktif di dunia.
Berapa harga domba Texel super, fullblood atau cross saat ini? Sebelum membahas harganya, berikut informasi mengenai sejarah Texel menjadi daging domba potong yang cukup populer di Indonesia.

Harga Domba Texel dan Sejarah Populasinya di Indonesia

Sebaran domba Texel pada abad ke-18 telah mencapai lebih dari 35 negara di dunia, termasuk di benua Eropa, Amerika, dan Oceania. Populasi domba Texel terus meningkat dari waktu ke waktu di negara tujuan tersebut. Hal ini dikarenakan Texel mempunyai daya tahan dan kemampuan adaptasi yang sangat baik.
Tak terkecuali di Indonesia, baru pada pertengahan abad ke-20, sekitar tahun 1970-an, Texel masuk ke Indonesia dari Belanda. Pembangunan awalnya berpusat di Jawa Barat, kemudian menyebar hampir ke seluruh Pulau Jawa.
Wol texel digunakan dalam tekstil, dan dagingnya juga rendah lemak. Meski begitu, produksi wol Texel tidak sebanding dengan domba Merino yang mampu memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian suatu negara.
Afrika, Belanda dan Australia hingga saat ini menjadi pusat peternakan domba Texel. Texel Indonesia merupakan mayoritas dari grup ini. Harga Texel ditentukan oleh kualitas, ras atau keturunannya.
Texel super mulai 1,75 jutaan untuk wanita usia 6-7 bulan. Sedangkan laki-laki dengan umur dan jenis yang sama harganya sekitar 2 jutaan.
Jangan tertipu, Texel masih merupakan investasi yang bagus. Pasalnya harga satu golongan darah lengkap pria dewasa bisa mencapai 60 jutaan.
Double Diamond adalah domba yang memegang rekor Texel termahal. Dia adalah Texel Fullblood yang dijual di Skotlandia pada lelang seharga $490.000. Itu sekitar 7,2 miliar rupiah.

Ciri-Ciri & Ciri-Ciri Domba Texel Di Indonesia

Di Indonesia, harga domba Texel (super persilangan) sangat terjangkau. Hal ini membuat jenis domba ini populer. Sedangkan untuk domba texel fullblood berpengaruh besar terhadap kualitasnya.
Untuk mengenal lebih jauh domba-domba ini, ada baiknya kita memahami apa saja ciri-ciri dan ciri-ciri domba texel. Secara umum, berikut beberapa ciri-ciri tersebut.

Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia

Domba texel mempunyai bentuk fisik yang khas. Domba Texel lebih besar dari domba penghasil wol. Texel memiliki beberapa ciri khas.
1. Badan berotot besar/besar
Tubuhnya yang besar dan berotot adalah ciri yang paling mencolok. Inilah sebabnya mengapa domba Texel termasuk yang terbaik di dunia. Texel unggul tidak hanya dalam memproduksi daging, tetapi juga wol. Daging texel memiliki kandungan lemak yang rendah karena tubuhnya yang berotot.
2. Wajah domba Texel putih
Pada tampilan selanjutnya terlihat Texel adalah seekor domba berwarna putih. Tidak ada bulu panjang di wajah domba khusus ini. Bentuk kepala Texel lebih terlihat dengan rambut pendek.
3. Tidak Ada Rambut di Kaki dan Kepala
Selain di kepala, bulu tidak tumbuh di keempat kaki Texel. Sehingga tampilan dari domba ini ‘lebih keren’ dibandingkan domba atau kambing pada umumnya. Hanya bulu badan dan ekor saja yang ditumbuhi rambut sehingga membuatnya terlihat semakin besar.
Domba Texel dewasa dapat memiliki berat hingga 160 kg per ekor. Bobot yang sangat berat ini adalah fakta bahwa Texel juga merupakan raksasa daging di antara domba. Sedangkan di antara kambing pedaging raksasa terdapat jenis kambing Boer.
4. Telinga Pendek ke Atas
Selanjutnya, bentuk telinganya juga penting. Telinga Texel sama saja, baik domba mahal maupun murah, yaitu pendek dan atas. Sepertinya telinganya menghadap ke depan
n (dengan posisi hampir mendatar).
5. Domba Texel memiliki hidung dan kuku berwarna hitam
Anda dapat memeriksa hidung dan kukunya lebih dekat jika mampu. Kuku kaki dan hidungnya berwarna gelap (hitam).